Proses Pelapisan UV Coating

proses pelapisan uv coating

Orang yang bekerja di percetakan mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah coating.  Ya, Coating ialah salah satu proses pelapisan tahap akhir (finishing) pada suatu hasil cetakan. Tujuan dilakukan coating adalah untuk melindungi hasil cetakan dari goresan, sidik jari, noda, dan paparan suhu udara.

Hasil cetakan coating akan lebih optimal jika menggunakan kertas yang memiliki permukaan tidak keras dan sukar untuk menyerap air. Coating sendiri memiliki beberapa jenis yaitu, varnish, laminating, aqueos coating, UV coating.

Disini kita akan membahas salah satunya, yaitu UV coating. Dalam proses pelapisan UV coating sebenarnya menghasilkan cetakan yang hampir sama dengan laminasi, namun ada yang membedakannya, yaitu ketebalan lapisannya. Laminasi memiliki ketebalan yang lebih tebal karena pada proses laminasinya menggunakan plastik sebagai lapisannya sehingga hasil cetakan tidak mudah rusak.

Sedangkan UV coating  memiliki ketebalan yang lebih tipis karena menggunakan bahan kimia serta sinar ultra violet, meskipun memiliki ketebalan yang tipis namun kualitasnya tidak kalah dengan hasil coating lainnya. UV coating juga memberikan efek yang sama dengan laminasi yaitu menghasilkan cetakan dengan kesan glossy dan doff.

UV coating juga memiliki keunggulan, diantaranya adalah:

  1. Hasil cetakan mempunyai tingkat mengkilap yang tinggi. Warna yang digunakan untuk hasil cetak lebih terang sehingga memperlihatkan detail dari hasil cetak. Dan juga hasil akhir yang diperoleh juga bagus dan berkualitas karena lebih tahan lama serta tahan terhadap air.
  2. Proses pengeringan sangat cepat, hanya memakan waktu beberapa menit. Karena proses pengeringan tersebut dibantu dengan sinar ultra violet dari proses pelapisannya.
  3. Penggunaan finishing ini banyak diminati karena biayanya yang relative murah ketimbang finishing lainnya.
Baca juga:  Prosedur Pembuatan Corrugated Carton Box

Dalam prosesnya, UV coating menggunakan mesin yang disebut mesin UV coating. Mesin ini bisa digunakan untuk laminasi atau melapisi (coating) pada hasil cetakan. Cara pengerjaan proses pelapisan UV coating sama dengan varnish yaitu dengan menuangkan cairan khusus pada permukaan hasil cetakan melalui mesin tersebut setelah itu bisa dilakukan proses pengeringan. Dengan mesin tersebut hasil cetakan akan lebih tahan lama serta tahan terhadap air.

Sebaiknya dalam proses pelapisan UV coating sesuai dengan prosedurnya, karena jika terjadi kesalahan sekecil pun bisa berakibat pada hasil cetakan. Dengan penjelasan diatas semoga bermanfaat serta menambah wawasan anda.