Prosedur Pembuatan Kardus

Prosedur Pembuatan Kardus

Kardus atau yang bisa disebut dengan karton box merupakan salah satu kemasan yang sangat bermanfaat, terutama bagi dunia industri. Kardus memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah untuk mengemas produk atau barang, seperti makanan, minuman, alat elektronik, dan sebagainya.

Kardus sendiri memiliki jenis dan bentuk serta ukuran yang bervariasi. Karena, memang bahan dasar pembuatan kardus sangat fleksibel dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana proses pembuatannya hingga kardus dapat digunakan.

Bagi anda yang penasaran akan prosedur pembuatan kardus, perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pembuatan sheet

Pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat sheet. Pembuatan sheet tersebut menggunakan bahan dasar yang berupa kertas gelondongan, yang kemudian diproses menggunakan mesin corrugator. Kertas tersebut akan melalui proses pemanasan terlebih dahulu pada mesin heater drum guna untuk menguapkan kadar air yang masing terkandung dalam kertas tersebut.

Setelah itu kertas melalui proses pembentukan fluting untuk lapisan gelombang. Dalam proses fluting, kertas diberikan tekanan penghisap berudara sehingga kertas tersebut tertarik dan menempel pada cetakan mesin corrugator. Lapisan gelombang tersebut direkatkan bersama dengan lapisan bagian bawah atau dalam dan terbentuklah single face. Apabila anda ingin membentuk double face, lapisan single face yang telah jadi kemudian dilapisi dengan lapisan depan atau atas keatas, hingga membentuk lembaran sheet utuh.

Setelah melewati proses pemanasan, lembaran sheet tersebut melalui pembentukan creasing flap, pembelahan sesuai dengan ukuran lebar serta pemotongan sesuai panjang sheet. Hasil dari mesin corrugator adalah lembaran sheet dengan creasing flap atas dan bawah.

  1. Proses converting

Pada proses converting terdiri dari beberapa metode, diantaranya adalah pemberian cetakan pada lembaran sheet, pembentukan creasing lebar dan panjang kardus, pemotongan slotter dan penyambungan hingga kardus atau karton box terbentuk dengan sempurna. Apabila produsen pembuat kardus menggunakan mesin converting lama, metode tersebut mungkin dilakukan secara terpisah.

Baca juga:  Memahami Kegunaan Kertas Kraft Liner

Namun sekarang ini sudah ada mesin flexo (converting) yang lebih canggih sehingga semua proses converting dapat dilakukan secara online. Outputnya berupa bundling produk akhir dari kardus yang siap dikirim kepada pemesan. Tinta yang digunakan untuk mencetak lembaran sheet kardus adalah water base. Salah satu dari kecanggihan mesin flexo adalah kapasitas warna yang dimiliki. Dengan kapasitas warna yang semakin banyak, mesin flexo bisa menyelesaikan cetakan tersebut dalam sekali jalan untuk pengerjaan kardus yang memiliki warna cetak yang berbeda.

  1. Proses penunjang

Proses penunjang adalah salah satu faktor pengendalian mutu kardus. Kualitas yang dimiliki kardus dapat ditentukan dengan pembuatan rubber plate untuk dies cetak serta persiapan warna dan tinta.

Setelah mengetahui informasi diatas terkait prosedur pembuatan kardus, semoga dapat membantu anda dalam memilih kemasan kardus yang berkualitas, sebab setiap proses pada pembuatan kardus mempengaruhi kualitas kardus yang dihasilkan nantinya.

Jika anda sedang mencari kardus yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, hubungi dibawah ini:

CV. Pelangi Kasih Abadi

Jl. Padmosusastro 40, Surabaya

Telp: (031) 567.4373