Prosedur Pembuatan Corrugated Carton Box

Prosedur Pembuatan Corrugated Carton Box

Corrugated carton box menjadi bagian penting dalam dunia industri, pasalnya karton bergelombang tersebut seringkali dipakai untuk kemasan, seperti box makanan, box sepatu, dan lain sebagainya. Corrugated carton box juga digunakan untuk pengiriman produk yang membutuhkan wadah cukup besar.

Tapi, tahukan anda bagaimana prosedur pembuatan corrugated carton box? Bagi anda yang tidak mengetahui proses pembuatannya simak penjelasan dibawah ini:

  1. Proses pembuatan corrugated board

Pertama yang harus dilakukan adalah membuat corrugated board. Dalam proses pembuatan corrugated paperboard/ corrugated sheet dilakukan di sebuah mesin yang disebut Corrugator atau single facer, mesin tersebut cukup besar dengan panjang sekitar 100 meter. Proses pembuatan sheet single wall dibutuhkan tiga kertas roll besar. Satu roll dibentuk menjadi corrugating medium dan dua roll lainnya digunakan sebagai liner. Lapisan bagian atas board dinamakan “single face linerboard”, sedangkan lapisan bagian bawah disebut “double face linerboard”.

Pembuatan sheet “single wall”

Pada pembuatan corrugated sheet single wall diawali dengan proses melemaskan kertas medium menggunakan uap (steam) dalam sebuah pre-conditioner, setelahnya dibentuk menjadi gelombang/ flute dengan cara menekan diantara kedua corrugating roll. Setelah penekanan dilakukan, kertas medium berubah bentuk menjadi flute. Pada puncak gelombang dilapisi dengan glue yang terbuat dari tapioka. Kemudian, flute yang telah dilapisi glue ditempel pada linerboard yang sebelumnya telah dipanaskan dengan pre-heater, dan setelahnya di press menggunakan press roll menjadi sebuah single face. Pada komponen berikutnya dari mesin corrugator yang biasanya disebut double backer atau double facer, lapisan linerboard kedua ditambahkan. Sebelumnya, lapisan tersebut juga telah dipanaskan menggunakan preheater dan glue diberikan pada puncak flute di bagian luar yang akan menempel dengan lapisan liner kedua. Supaya single face dan linerboard menempel secara sempurna maka tambahkan panas pada heating plate. Setelah dari heating plate proses selanjutnya adalah pendinginan dan berjalan ke unit slitter untuk dibelah menjadi beberapa lajur serta diberi creasing sesuai dengan kebutuhan. Setelahnya potong potong panjang di unit speed cut sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Untuk pembuatan double wall, prosesnya sama hanya saja membutuhkan dua unit single facer.

  1. Proses converting
Baca juga:  Keunggulan kertas Art Paper Dalam Dunia Percetakan

Corrugated sheet yang dihasilkan melalui mesin corrugator, kemudian dipindahkan kebagian converting untuk dilakukan proses lanjutan. Proses pada bagian converting, antaralain:

  • Pencetakan (printing)
  • Pembuatan creasing vertical
  • Pemotongan slotter serta lidah box
  • Proses melipat (folding)
  • Proses penyambungan (stiching/ gluing)

Setelah proses converting, pembuatan corrugated carton box telah selesai.

Corrugated sheet yang dihasilkan oleh mesin corrugator akan melalui proses printing yang desainnya sesuai dengan permintaan pemesan. Metode printing corrugated carton box menggunakan teknik cetak tinggi atau flexography. Proses cetak flexo sama halnya seperti stempel, tetapi cetak flexo menggunakan mesin yang berkecepatan tinggi.

Demikian penjelasan terkait prosedur pembuatan corrugated carton box, semoga dapat bermanfaat bagi anda untuk kedepannya.