Mengenal Karakteristik Kertas Kraft

Mengenal Karakteristik Kertas Kraft

Sebagaimana yang anda ketahui, kertas memiliki beragam jenisnya serta banyak sekali manfaatnya  mulai dari digunakan sebagai media tulis menulis, media cetak, pembuatan kemasan, pembuatan paper bag, hingga kerajinan tangan.

Seperti salah satu jenis kertas yang satu ini “kertas kraft” yang kerap kali digunakan untuk pembuatan kemasan produk. Mungkin dari anda ada yang masih belum tahu apa itu kertas kraft. Oleh karena itu, disini kita akan membahas apa itu kertas kraft, karakteristik kertas kraft, hingga kegunaan kertas kraft.

Kertas Kraft merupakan salah satu jenis kertas yang diproduksi atau terbuat dari chemical pulp melewati proses kimia yang juga disebut proses kraft. Pulp merupakan hasil pemisahan serat dari bahan baku yang memiliki serat entah itu kayu ataupun non kayu. Pembuatan pulp yang melalui proses kimia akan menghasilkan pulp dengan kekuatan yang lebih tinggi ketimbang proses mekanis atau semi kimia.

Pulp yang dibuat melalui proses kraft juga memiliki elastisitas tinggi serta tahan terhadap sobekan atau kerusakan. Sehingga kertas kraft dikenal dengan kertas yang kuat dan tahan lama.

Kertas kraft juga dibuat dari proses daur ulang sehingga memiliki warna permukaan coklat, namun juga ada kertas tersebut yang berwarna putih karena mengalami proses pemutihan (bleaching). Kertas kraft yang sering digunakan memiliki gramatur 70gr dan 80 gr.

Pada umumnya, karakteristik kertas kraft adalah memiliki warna coklat tua dan coklat muda serta permukaan yang kasar. Karena warnanya yang coklat sehingga memberikan kesan klasik jika digunakan untuk pembuatan paper bag. Selain digunakan untuk pembuatan paper bag, Kertas ini juga dapat digunakan untuk pembuatan kemasan produk dan juga karung semen mengingat kertas kraft memiliki sifat elastisitas tinggi dan tahan akan kerusakan. Karena bahan dasarnya yang terbuat dari kertas daur ulang, kertas kraft cocok dijadikan sebagai kemasan karena ramah lingkungan.

Baca juga:  25 Contoh Kerajinan Tangan Dari Karton

Selain itu juga, harga kertas tersebut yang relatif terjangkau sehingga diminati banyak orang, terutama produsen pembuatan kemasan. Kertas ini tentunya memiliki fungsi yang berbeda tergantung pemakaiannya, serta ukuran ketebalan dan berat dari kertas kraft tersebut.

Misalnya jika anda menggunakan kertas kraft untuk pembuatan paper bag, gunakan kertas yang agak tebal dan tidak mudah rusak.

Kertas kraft juga sering disebut dengan kertas Samson. Sebagian orang mungkin menganggapnya berbeda, namun sebenarnya kertas kraft dan Samson itu sama, bahkan ada yang menyebutnya kertas Samson Kraft. Tidak heran bila disebut kertas Samson karena mengingat kertas kraft bersifat kuat dan tidak mudah rusak.

Bukan berarti jenis kertas lainnya memiliki kualitas buruk atau semacamnya. Hanya saja setiap kertas memiliki karakteristik atau kelebihan tersendiri sesuai dengan kegunaan kertas masing-masing.

Demikian uraian dari kita mengenai mengenal karakteristik kertas kraft. Semoga menambah pengetahuan serta bermanfaat bagi anda.