Memahami Perbedaan Art Paper, HVS, dan Ivory

Memahami Perbedaan Art Paper, HVS, dan Ivory

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, kertas merupakan suatu kebutuhan yang diperlukan manusia untuk mempermudah pekerjaannya, selain itu kertas juga digunakan sebagai media cetak entah itu tulisan maupun gambar.

Kertas juga memiliki beragam jenisnya serta ukuran dan tentunya kegunaan yang berbeda-beda itu semua ditentukan sesuai dengan kebutuhan kertas masing-masing. Namun disini kita tidak akan membahas semua jenis kertas, kita hanya akan membahas mengenai perbedaan jenis kertas Art Paper, kertas HVS, dan Kertas Ivory.

Ya, meskipun sama-sama kertas namun antara kertas Art Paper, kertas HVS, dan kertas Ivory memiliki perbedaan dan karakteristik masing-masing. Berikut penjelasan mengenai perbedaan dari ketiga kertas tersebut:

  1. Art Paper

kertas art paper

                                                                                                                                         (source: importer.co.id)

Art Paper merupakan salah satu jenis kertas yang memiliki permukaan yang licin dan mengkilap di bagian kedua sisinya sehingga kertas ini tidak mudah berganti warna menjadi kekuningan. Karena permukaannya tersebut kertas ini tidak cocok untuk dijadikan media tulis menulis sebab art paper memiliki daya serap yang rendah sehingga tinta bulpoin sukar untuk mengering. Pada umumnya kertas jenis ini banyak digunakan untuk mencetak cover buku atau majalah, brosur, kalender, company profile, flyer, dan lain sebagainya yang membutuhkan kertas yang licin untuk media cetak. Ukuran kertas art paper yang biasa dipakai untuk mencetak yakni 65 X 100 cm dan 79 X 109 cm. Dengan ketebalan mulai dari 100 gsm, 120gsm, dan 150 gsm.

  1. Kertas HVS
Baca juga:  Berbagai Macam Ukuran Kertas

kertas hvs

Setiap orang pasti tahu jenis kertas ini, karena kertas ini yang paling sering digunakan apalagi para pekerja kantoran, mahasiswa, serta siswa untuk mencetak hasil laporan kerja, makala, atau tugas. Selain itu kertas ini juga bisa digunakan untuk isi buku tulis, kop surat, dan buku teks. HVS termasuk jenis kertas yang dapat digunakan untuk media tulis menulis karena kertas ini memiliki daya serap yang cukup tinggi serta memiliki permukaan kertas yang agak kasar dan berwarna putih. Kertas ini juga mudah berubah warna menjadi kekuningan jika terlalu lama disimpan. Ukuran yang tersedia untuk kertas HVS cukup bervariasi yaitu ukuran A4 – A0, ukuran F4, serta ukuran Q4. Kertas ini memiliki ketebalan mulai dari 70gr, 80gr, dan 100gr.

  1. Kertas Ivory

kertas ivory

                                                                                                                                       (source: drian mardiana)

Kertas ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Art karton, hanya saja kertas ivory tidak berwarna seputih Art karton cenderung sedikit gelap dan juga permukaan kertas yang licin pada kertas ivory hanya ada satu sisi saja sedangkan art karton kedua permukaan sisinya licin. Kertas ivory ini kerap kali digunakan kemasan box makanan karena kertas ini sudah memiliki standard food grade jadi aman jika  digunakan untuk pembuatan kemasan box makanan karena tidak mengandung bahan berbahaya. Atau juga bisa digunakan untuk pembuatan kemasan box kosmetik. Kertas ini juga tergolong kertas yang harganya lumayan mahal karena kertas ivory lebih kuat dan tidak mudah untuk rusak/sobek. Gramasi yang tersedia juga bervariasi mulai dari 210gr, 230gr, 250gr, hingga 400gr dengan gramasi yang bervariatif memudahkan pengguna untuk memilih kertas ivory sesuai kebutuhannya.

Baca juga:  Prosedur Pembuatan Corrugated Carton Box

Dengan informasi diatas semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan kita semua mengenai perbedaan antara kertas Art Paper, kertas HVS, dan kertas Ivory.