Memahami Corrugated Karton Box

corrugated karton box

Karton box atau yang lebih dikenal dengan kardus adalah jenis kemasan yang bahan dasarnya terbuat dari kertas. Jenis dan bahan kardus tersedia dalam berbagai macam dan ketebalan yang beragam, salah satunya jenis kardus corrugated carton box.

Apa itu corrugated carton box? corrugated karton box adalah bahan kemasan yang memiliki bagian bergelombang dan terbuat dari beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas corrugated medium. Adanya lapisan bergelombang itulah yang membuat corrugated carton berbeda.

Kardus jenis ini dibagi menjadi 3 tipe berdasarkan ketebalan lapisannya:

1. Single wall, bahan single wall terdiri dari 3 bagian kertas (3 ply) dengan ketebalan 2 sampai 5 mm. Tipe jenis ini biasa digunakan untuk kemasan barang elektronik, mainan, makanan, dan lainnya.

corrugated single wall2. Double wall, bahan double wall terdiri dari 5 bagian kertas (5 ply) dengan ketebalan mencapai 7 mm. Tipe jenis ini biasa dipakai untuk kemasan yang sama dengan tipe single wall.

corrugated double wall3. Triple wall, bahan triple wall terdiri dari 7 bagian kertas (7 ply) dengan ketebalan 10 mm. Karena ketebalannya, tipe jenis ini biasa dipakai untuk aktivitas pengiriman dalam jumlah besar.

corrugated karton

Dalam pembuatan corrugeted karton box membutuhkan bahan kertas dengan jenis yang berbeda-beda:

Kertas kraft liner sendiri biasa digunakan sebagai bagian luar dari box. Bahan karton jenis kraft memiliki kekuatan yang lebih baik daripada kertas dengan bahan medium. Hal ini disebabkan karena bahan kertas jenis kraft dibuat dari bahan dasar kayu yang memiliki serat memanjang kemudian diolah menjadi bubur kertas/pulp. Karena kekuatannya itulah kertas kraft liner berfungsi sebagai bursting strength atau penahan daya jebol pada kardus.

Kertas test liner, kertas jenis ini sering dikenal dengan recycled paperboard, berwarna abu-abu terang yang terbuat dari limbah kertas dan memiliki bursting strength dibawah kertas kraft karena mmemiliki bahan dominan kertas daur ulang. Tetapi pada kenyataannya beberapa customer tidak peduli karena memilih harga murah untuk mendapatkan kemasan.

Baca juga:  5 Tips Kemasan Makanan yang Menarik

Kertas whitekraft, sama dengan kertas kraft pada umumnya hanya saja kertas whitekraft ini berwarna putih. Gramatur kertas whitekraft yang tersedia adalah 140gsm, 150gsm, dan 200gsm.

Sedangkan, kertas medium biasanya digunakan untuk bagian didalam box atau dipakai sebagai penyekat (lapisan bergelombang) pada corrugated sheets. Bahan jenis medium dibuat dari kertas daur ulang yang diolah menjadi bubur kertas. Kertas ini berfungsi untuk menahan goncangan, getaran, dan tekanan, serta memberi daya tumpuk yang kuat. Fungsi dari kertas bahan medium adalah sebagai stacking strength atau kekuatan box ketika ditumpuk. Kertas medium memiliki daya serap yang baik sehingga dapat digunakan sebagai bagian untuk dilem dibanding kertas kraft.

Pada corrugated karton boks juga terdapat beberapa jenis-jenis flute, antara lain:

  1. Flute A, memiliki ketinggian gelombang sekitar 4,0 – 4,8 mm. Jenis flute ini memiliki daya bantalan yang sangat baik sehingga mampu meredam getaran dan goncangan yang timbul dari luar. Sehingga jenis ini sangat baik untuk mengemas produk agar tidak rusak.
  2. Flute B, memiliki tinggi gelombang sekitar 2,1 – 3,0 mm. Flute ini lebih murah dari flute A karena lebih hemat dalam pemakaian kertas medium (sebagai gelombangnya) dan memiliki ketahanan tekan datar (flat crush) yang lebih tinggi dibandingkan dengan flute A. Jenis ini sebaiknya digunakan untuk mengemas produk yang sebelumnya sudah dikemas, seperti kaleng atau botol yang tidak membutuhkan daya bantalan yang tinggi seperti pada flute A
  3. Flute C, memiliki ketinggian gelombang sekitar 3,2 – 3,9 mm. Flute C dibuat dengan pendekatan antara flute A dan flute B, dimana flute ini memiliki daya bantalan dan ketahanan tekan datar yang baik, dan penghematan dalam penggunaan kertas medium tentunya. Biasa digunakan untuk box pengiriman atau furniture.
  4. Flute E, dengan ketinggian sekitar 1,0 – 1,8 mm. Memiliki ketahanan retak yang sangat baik, terutama memiliki permukaan cetak yang sangat luar biasa, dengan kontruksi yang tipis ini membantu mengurangi ruang penyimpanan. Flute jenis ini baik digunakan untuk kemasan kosmetik, gelas, atau keramik
  5. Flute F, memiliki ketinggian sekitar 0,7 mm. Paling baik dalam permukaan cetak dibanding lainnya, memiliki ketahanan retak yang sangat baik. Kontruksi tipis digunakan untuk box yang kaku dengan serat yang lebih tipis. Cocok digunakan untuk kemasan sepatu, kosmetik, dan kemasan software.
Baca juga:  Pabrik Karton Boks di Surabaya

Itulah sedikit informasi dari kami mengenai pembahasan corrugated karton box. Semoga bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply