Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Pembuatan Paper Bag

Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Pembuatan Paper Bag

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan paper bag atau tas kertas sekarang marak digunakan. Apalagi toko-toko penjual souvenir, pakaian, makanan, dan masih banyak lagi. Paper bag sendiri adalah kemasan yang dibuat dari kertas untuk membawa produk atau barang dengan cara dijinjing.

Penggunaan paper bag sebagai kemasan ini dianggap solusi untuk mengurangi kemasan plastik. Karena bahan yang dipakai untuk membuat paper sangat ramah lingkungan dan mudah untuk didaur ulang. Tapi tidak semua paper bag dibuat dari kertas, ada juga paper bagĀ  yang memiliki lapisan seperti plastik untuk menambahkan kesan mewah.

Tidak semua jenis kertas bisa digunakan untuk membuat paper bag. Mungkin anda pernah berpikir kertas apa yang digunakan untuk membuat kemasan paper bag yang berkualitas sehingga tidak mudah untuk rusak.

Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis kertas yang digunakan untuk pembuatan kemasan paper bag:

  1. Kertas Art Karton

Art karton adalah jenis kertas terbaik yang bisa digunakan untuk pembuatan paper bag. Kertas ini mempunyai permukaan halus, putih cerah, dan licin pada kedua bagian permukaan. Warna dasar kertas ini adalah putih dengan ketebalan mulai 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, dan 310gr. Jika dicetak kertas ini menghasilkan gambar atau tulisan yang bagus dan memuaskan karena tekstur permukaan yang dimiliki art karton. Untuk pembuatan paper bag yang telah dicetak biasanya akan dilaminasi dengan glossy ataupun doff sebagai standarisasi paper bag pada umumnya.

  1. Art Paper

Art paper merupakan kebalikan dari kertas HVS. Kertas ini memiliki permukaan yang licin dan mengkilap di kedua sisinya. Art paper memiliki ketebalan yang lebih tipis dibanding art karton. Ketebalannya mulai dari 100 gr, 120gr, dan 150gr dengan ukuran 2 dimensi yakni 65 X 100 cm dan 79 X 109 cm. Jenis kertas ini kurang cocok jika digunakan media tulis menulis karena daya serap yang rendah sehingga tinta sulit untuk mengering. Selain digunakan untuk pembuatan paper bag, art paper juga dapat dipakai untuk mencetak brosur, kalender, dan lain sebagainya.

  1. Kertas kraft
Baca juga:  Mengenal Karakteristik Kertas Kraft

Kertas kraft memiliki permukaan sedikit kasar dan berwarna coklat. Ada pula jenis kraf putih yang memiliki dua sisi berbeda, satu berwarna putih dan sisi lainnya berwarna coklat. Kertas kraft ini banyak diminati oleh pengusaha kemasan apalagi paper bag, karena harganya yang ekonomis dan warnanya unik. Kertas kraft sendiri pembuatannya melalui proses daur ulang, namun mempunyai kekuatan yang lebih baik dari art paper. Jenis kertas ini memiliki ketebalan yang cukup untuk dijadikan pembuatan paper bag atau bentuk kemasan lainnya.

  1. Kertas Ivory

Kertas jenis ini mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan art karton, namun ada hal yang membedakannya yakni permukaan licin pada kertas ivory hanya ada satu sisi saja sedangkan art paper kedua sisinya memiliki permukaan yang licin. Memiliki warna dasar putih, tapi tidak seterang warna dasar art karton. Memiliki ketebalan 210gr, 230gr, dan 260gr sehingga jika dibuat untuk paper bag kertas ivory mampu menampung beban yang cukup berat. Untuk pembuatan paper bag sama dengan kertas karton yang dicetak dengan laminasi glossy atau doff sebagai standarisasi paper bag.

  1. Kertas duplex

Kertas duplex merupakan jenis kertas yang lebih mudah untuk dibedakan dari jenis kertas lainnya, karena memiliki bagian sisi yang berbeda warna satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu-abu. Walaupun kertas duplex ini sering digunakan untuk pembuatan kemasan box, tetapi kertas duplex juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan paper bag. Kertas duplex memiliki ketebalan 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, dan 400gr.

Itulah jenis-jenis kertas yang digunakan untuk pembuatan kemasan paper bag, jadi tidak semua jenis kertas bisa dipakai untuk paper bag. Untuk membuat paperbag juga membutuhkan kertas yang cukup tebal dan berkualitas agar dapat membawa barang dengan beban yang lumayan berat dan tidak mudah untuk rusak.

Baca juga:  Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Media Percetakan

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.