Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Media Percetakan

Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Media Percetakan

Setiap orang pasti tahu apa itu kertas. Ya, karena kertas juga merupakan kebutuhan manusia yang berfungsi untuk membantu untuk menyelesaikan tugas pekerjaan dalam segala bidang, seperti pekerja kantoran yang memerlukan kertas untuk digunakan mencetak laporan hasil kerja atau pengusaha kemasan yang menggunakan kertas sebagai bahan baku untuk pembuatan kemasan, misalnya kemasan box.

Bagi anda yang bekerja dalam bidang percetakan atau toko alat tulis mungkin sudah paham betul mengenai jenis-jenis kertas yang sering digunakan untuk mencetak. Jenis kertas untuk mencetak pun beragam, disesuaikan dengan keperluannya, misalnya jika ingin mencetak hasil laporan kerja, kertas yang cocok dipakai yaitu kertas HVS.

Mungkin anda pernah mengalami suatu kejadian ketika anda ingin mencetak brosur atau sejenisnya padahal anda sudah mendesain dan siap untuk dicetak, namun anda bingung untuk menentukan jenis kertas apa yang cocok digunakan untuk mencetak brosur. Nah, hal itu memang sering terjadi bagi orang yang kurang paham mengenai jenis kertas, maka dari itu sebelumnya kita harus mencari tahu terlebih dahulu jenis kertas apa yang tepat untuk dijadikan media cetak.

Berikut ini kami akan uraikan jenis-jenis kertas yang digunakan untuk media percetakan:

  1. Kertas HVS

Tentunya setiap orang sudah mengetahui kertas HVS. Karena memang kertas ini sering digunakan untuk media cetak, seperti buku. Permukaan pada kertas HVS memang agak kasar sehingga sering dipakai untuk fotocopy dan memiliki daya serap yang tinggi. HVS ini memiliki ketebalan dari 60gr, 70gr, 80gr, dan 100gr. Kertas HVS ini juga merupakan jenis kertas yang bebas dari serat kayu.

  1. Art Paper

Art Paper ialah salah satu kertas yang memiliki permukaan licin dan halus serta daya serap yang rendah sehingga tinta yang dipakai untuk mencetak media art paper didesain khusus untuk head printer. Kertas jenis ini art paper pada umumnya digunakan untuk mencetak brosur, majalah, katalog dan lain sebagainya yang membutuhkan kertas untuk mencetak dengan permukaan licin. Art Paper memiliki ketebalan mulai 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, dan 150gr.

  1. Art Karton
Baca juga:  Pabrik Kemasan Karton Box Di Surabaya

Art Karton memiliki permukaan kertas yang sama dengan Art Paper, hanya saja Art Karton memiliki ketebalan kertas yang lebih dari kertas Art Paper. Itu sebabnya Art Karton seringkali digunakan untuk mencetak kartu nama, cover buku, map, dan lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal. Ketebalannya tersedia dari 190gr sampai 400gr.

  1. Kertas Ivory

Kertas ini juga memiliki permukaan yang sama dengan Art Karton, yang membedakan hanya permukaan halus pada kertas ivory hanya ada disatu sisi saja. Jenis kertas ini cocok untuk digunakan mencetak paper bag atau kotak box kosmetik. Memiliki ketebalan mulai dari 210gr, 230gr, 250gr, 310gr, dan 400gr.

  1. Kertas Duplex

Kertas jenis ini sangat berbeda dari jenis kertas yang lain karena memiliki ciri khas tersendiri yakni dua permukaan yang berbeda. Satu sisi berwarna putih dan sisi lain berwarna abu-abu. Kertas ini biasa digunakan untuk mencetak box kemasan makanan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Ketebalan dari kertas duplex ini terdiri dari 250 gr sampai 500gr.

  1. Kertas Corrugated

Corrugated ini juga merupakan jenis kertas yang memiliki ciri khas tersendiri yakni mempunyai permukaan bergelombang dan berwarna coklat. Pada umumnya kertas ini digunakan untuk mencetak pembuatan kemasan seperti box, misalnya box sepatu, box alat elektronik, dan lain sebagainya. Kertas ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencetak kemasan box dengan harga yang terjangkau.

  1. Fancy Paper

Kertas ini banyak memiliki beragam keunikan baik dari segi karakteristik atau pun warna. Kertas ini seringkali digunakan untuk mencetak undangan pernikahan atau kartu ucapan. Ketebalan yang dimiliki mulai dari 80gr, 100gr, 220gr, dan 300gr.

  1. Kertas Samson kraft

Samson kraft merupakan jenis kertas dari proses daur ulang jadi tidak mengherankan apabila kertas ini berwarna coklat. Kertas ini juga sering kali digunakan untuk pembuatan paper bag atau kemasan produk. Ketebalan yang sering digunakan untuk mencetak yaitu 70gr dan 80 gr.

  1. Kertas BC, BW, Linen Jepang, dan Concord
Baca juga:  Prosedur Pembuatan Kardus

Memiliki permukaan bertekstur dan warna yang tersedia juga beragam. Kertas jenis ini biasa digunakan untuk mencetak kartu nama atau sertifikat. Ketebalan yang tersedia mulai dari 160gr, 220gr, dan 250gr.

  1. Kertas Yellow Board

Kertas ini cukup tebal sehingga sering kali digunakan untuk mencetak undangan dengan jenis hard cover. Pada saat mencetak kertas ini perlu dilapis dengan kertas art paper atau duplex. Gramatur yang tersedia yaitu YB 40 DAN TB 30.

Sekian yang dapat kami uraikan mengenai jenis kertas yang digunakan untuk media percetakan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.