Jenis Finishing Untuk Pembuatan Kartu Nama

Jenis Finishing Untuk Pembuatan Kartu Nama

Tidak bisa dipungkiri bahwa, mayoritas orang kini sudah memiliki kartu nama sebagai identitas diri saat akan berkenalan dengan seseorang, baik perkenalan secara resmi maupun formal. Apalagi bagi para pengusaha, wajib hukumnya bagi mereka untuk mempunyai kartu nama.

Dengan kartu nama tersebut anda dapat memberikan informasi detail mengenai nama perusahaan atau nama anda pribadi, email, nomor telepon, serta alamat perusahaan. Kartu nama sendiri diperlukan para pengusaha dengan harapan mendapatkan koneksi bisnis dari pengusaha lain dan berujung pada peluang bisnis. Oleh karena itu, pembuatan kartu nama jangan sembarangan.

Ada banyak cara untuk membuat orang menjadi tertarik dengan kartu nama yang anda berikan. Salah satunya mengenai desain dan kelengkapan informasi yang tertera pada kartu nama. Selain desain yang bagus, proses finishing juga turut andil dalam pembuatan kartu nama yang berkualitas.

Apa itu finishing? Finishing ialah tahap terakhir dalam suatu proses percetakan. Finishing ini dilakukan agar hasil cetak kartu nama lebih tahan lama dan menarik. Dalam dunia percetakan ada beragam jenis finishing yang bisa anda gunakan untuk mengaplikasikan pembuatan kartu nama.

Berikut jenis finishing untuk pembuatan kartu nama:

  1. Laminating Glossy dan Doff

Dalam dunia percetakan, laminating sudah tidak asing lagi. Laminating sendiri ialah proses pelapisan pada kertas menggunakan plastik tipis, namun plastik yang digunakan tidak sembarangan. Plastik yang digunakan adalah plastic khusus percetakan. Laminating ini digunakan dengan tujuan agar warna atau gambar pada kertas tahan lama dan tidak mudah luntur, selain itu laminating juga dapat mempercantik hasil cetakan. Ada dua jenis laminasi yang digunakan dalam percetakan yaitu laminating glossy dan doff.

Laminasi glossy menghasilkan cetakan terang dan berkilau serta memantulkan banyak cahaya dan warna. Kertas yang dilaminasi glossy menghasilkan permukaan yang licin. Kartu nama yang dicetak menggunakan laminating glossy memberikan kesan mewah dan elegan.

Baca juga:  Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Pembuatan Paper Bag

Sedangkan laminating doff hasil cetakannya agak buram dan permukaannya kasar. Berbeda dengan laminating glossy, hasil cetakan laminating doff memberikan kesan klasik dan eksotis.

kartu nama laminasi glossy dan doff

  1. Spot UV

Finishing spot UV hampir sama dengan laminating karena keduanya menggunakan teknik pelapisan pada kertas. Yang membedakannya, hanya saja spot UV menggunakan cairan sebagai pelapisnya sedangkan laminating menggunakan plastic tipis. Tidak hanya itu saja, Spot UV memberikan efek mengkilap pada bagian tertentu pada hasil cetaknya agar terlihat lebih mencolok. Finishing spot UV juga memberikan efek tulisan yang menonjol.

kartu nama spot uv

  1. Hot Print

Kartu nama yang menggunakan finishing hotprint menghasilkan warna emas atau perak dengan efek tulisan yang timbul. Teknik ini menggunakan kertas tinta emas atau perak yang dipress pada saat mencetak sehingga dapat menempel. Cetakan kartu nama yang dihasilkan oleh finishing ini memberikan kesan mewah, elegan, dan eksklusif. Finishing hotprint juga dapat digabungkan dengan finishing emboss/deboss untuk lebih menarik perhatian orang.

kartu nama hot print

  1. Emboss atau Deboss

Tidak sama dengan finishing hot print, Finishing emboss atau deboss lebih memberikan kesan bertekstur 3D pada pada permukaan kertas yang dihasilkan. Pada umumnya jika mencetak dengan finishing emboss kartu nama yang dihasilkan lebih timbul pada tulisannya, sedangkan jika mencetak dengan finishing deboss kartu nama akan tampak tenggelam pada tulisannya. Namun baik emboss maupun deboss sama-sama memberikan kesan yang unik, jadi bagi anda yang ingin mencetak kartu nama yang unik ada baiknya menggunakan finishing emboss atau deboss.

kartu nama emboss

  1. Die Cut dan Pond

Finishing Die Cut tidak kalah unik dengan finishing yang lain. Jika biasanya finishing kartu nama dilakukan di bagian permukaan kertas, finishing die cut justru melakukan teknik  pemotongan pada permukaan kertas. Pemotongan ini dilakukan berdasarkan bentuk atau tulisan yang diinginkan. Pemotongannya menggunakan mesin khusus namun hasil finishing bergantung pada desain yang akan dicetak.

Baca juga:  Bahan untuk Pembuatan Karton Box

kartu nama die cut

Pond sama halnya dengan finishing Die Cut namun finishing pond teknik memotongnya tidak sampai terpisah. Dengan finishing ini hasil cetak akan memberikan efek lentur sehingga mudah dilipat.

Dalam mencetak kartu nama, finishing memiliki peranan yang sangat penting. Karena apa? Agar kartu nama yang anda miliki lebih menarik minat orang dan bisa anda jadikan media untuk mencari peluang bisnis yang lebih efektif dalam memperoleh respon yang baik dari penerima kartu nama anda.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.