Cara Membuat Tas dari Karton Bekas

Cara Membuat Tas dari Karton Bekas

                                                                                                                                   (Source: satujam.com)

Seperti yang anda ketahui, karton merupakan salah satu kemasan yang digunakan untuk mendistribusikan produk. Biasanya setelah selesai digunakan, karton akan dibuang begitu saja karena dianggap sebagai sampah. Padahal karton bekas tersebut bisa diolah kembali menjadi kerajinan yang dapat digunakan, seperti membuat tas dari karton misalnya.

Tas merupakan salah satu benda yang harus dibawa ketika hendak berpergian, karena tas sendiri berguna untuk menyimpan barang-barang seperti HP, dompet, dan lain sebagainya. Pada umumnya, tas yang dipakai kebanyakan orang terbuat dari kain atau plastik. Karena itu, anda bisa menciptakan hal yang berbeda dari tas pada umunya, dengan membuat tas dari karton bekas.

Jika anda tertarik untuk membuat tas sendiri dari karton bekas, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Sebelum memulai proses pembuatan tas, anda perlu menyiapkan bahan-bahannya, diantaranya adalah:

  1. Karton bekas. Untuk membuat tas dibutuhkan dua potong kardus yang telah dibentuk hampir bulat dengan satu sisi datar.
  2. Kertas coklat, isolasi, dan lem. Anda juga perlu menyiapkan kertas berwarna coklat. Kertas tersebut nantinya berfungsi sebagai pinggiran dari tas karton. Jangan lupa untuk siapkan lem kertas dan isolasi guna merekatkan kertas pada kardus.
  3. Manik-manik atau aksesoris dan pembersih pipa. Anda bisa gunakan manik/aksesoris sesuai selera. Penggunaan manik sendiri untuk dijadikan tempat pegangan atau hiasan pada tas karton. Jangan lupa siapkan pembersih pipa mini yang ukurannya sesuai dengan manik-manik karena pembersih pipa juga memiliki peran penting nantinya.
  4. Kertas kado. Siapkan kertas kado yang telah dipotong sesuai dengan kardus yang akan dipakai untuk membuat tas tersebut. Penggunaan kertas kado berfungsi sebagai hiasan supaya tas telihat lebih cantik.
Baca juga:  Kegunaan Karton Duplex

Cara membuat tas dari karton bekas:

  1. Karton yang telah dipotong tadi direkatkan dengan kertas coklat menggunakan lem kertas. Pastikan kertas dan lem merekan sempurna supaya tidak mudah lepas. Untuk merekatkan usahakan serapi mungkin. Jarak yang sempurna pada kedua potongan karton adalah seukuran telapak tangan atau 7 – 10cm.
  2. Tempelkan isolasi yang ukurannya selebar kertas yang merekatkan kedua kardus pada ujung atasnya. Setelah ditempelkan dengan rapi dan rapat, beri lubang pada tengah kertas yang diisolasi menggunakan alat pelubang kertas. Tujuan diberi isolasi adalah untuk memperkuat kertas saat akan diberi tali supaya tidak mudah robek.
  3. Kemudian, potong pembersih pipa sekitar ujung jari telunjuk. Setelah itu ikatkan ke dalam lubang yang sudah dibuat tadi.
  4. Langkah selanjutnya ialah membuat pegangan tas. Gunakan sisa pembersih pipa untuk dipasangkan manik-manik. Jika pegangan tas telah dibuat, anda bisa kaitkan pembersih pipa yang isinya kawat ke pembersih pipa satunya yang sudah dibentuk bulat dan dipasang pada ujung kertas sebelumnya. Sampai ditahapan ini, bentuk tas sudah mulai terlihat.
  5. Selanjutnya ialah memasang kertas kado pada sisi tas karton supaya terlihat cantik. Untuk memasang kertas kado sebaiknya hati-hati supaya hasilnya Nampak mulus.
  6. Ini adalah langkah terakhir, dengan menempelkan aksesoris lainnya sebagai hiasan tambahan pada kertas kado yang sudah ditempelkan. Tas dari karton pun sudah selesai dan siap untuk digunakan.

Mudah bukan untuk membuat tas dari karton bekas. Setelah mengetahui bagaimana cara pembuatannya, semoga anda tertarik untuk membuatnya sendiri. Membuat kerajinan dari bahan karton bekas seperti tas diatas sebenarnya memiliki tujuan, yakni mengolahnya menjadi barang yang berguna serta memiliki nilai guna, selain itu juga dapat ikut berperan dalam memanfaatkan limbah menjadi barang yang lebih bermanfaat .

Baca juga:  Prosedur Pembuatan Kardus