Berbagai Jenis Karton Box

berbagai jenis karton box

Karton box atau yang lebih dikenal oleh masyarakat  “kardus” sangat dibutuhkan apalagi dalam dunia industri. Banyak sekali fungsi dari karton box, salah satunya adalah sebagai wadah untuk mengepak atau mengemas produk/material sebelum didistribusikan atau dipasarkan.  Box ini juga memiliki berbagai jenis karton box, dari bahan pembuatan karton boks, kertas yang digunakan dalam pembuatan karton box, hingga jenis bentuk dari karton box.

Dalam pembuatan karton box, produsen karton sebaiknya mengetahui  jenis bahan yang akan dipakai dalam pembuatan karton beserta fungsinya hal ini bertujuan untuk menghindari masalah kerusakan pada karton box dan menjaga kualitas karton box.

Jenis bahan karton boks sangat penting dalam menentukan seberapa kuat karton box yang akan digunakan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan karton boks memiliki beragam jenis.

Berikut jenis-jenis bahan yang dipergunakan dalam pembuatan karton box:

  1. Single wall (3 lapis kertas/ 3 ply)

berbagai jenis karton box

Bahan karton jenis ini terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan atas, lapisan bawah, dan lapisan bergelombang pada tengahnya. Jenis bahannya yang tipis membuat karton boks ini digunakan untuk pendistribusian dalam kawasan lokal. Biasanya dipakai untuk pengemasan produk seperti makanan, minuman, mainan, dan pelapis pembatas.

  1. Double wall (7 lapis kertas/ 5 ply)

berbagai jenis karton box

Karton box jenis ini mempunyai 7 lapisan yaitu 4 lapisan datar yang diberi selingan lapisan gelombang dan satu lapisan bergelombang pada bagian tengahnya yang mempunyai ketebalan paling tebal diantara lapisan yang lain. Bahan karton box jenis ini biasanya dipakai untuk pengemasan yang dikirim dikawasan lokal ataupun luar negeri karena memang bahannya yang lebih kuat dan tebal.

  1. Triple wall (10 lapis kertas/ 7 ply)

Bahan karton box jenis ini memiliki 10 lapisan yang terdiri dari lapisan datar dan lapisan bergelombang dengan total ketebalan 10 mm. Bahan jenis ini yang paling kuat dibanding jenis bahan karton lainnya. Bahan karton box ini banyak digunakan untuk pengemasan produk ekspor yang akan dikirim ke luar negeri.

Baca juga:  Memahami Perbedaan Art Paper, HVS, dan Ivory

Selain bahan yang digunakan untuk pembuatannya, karton box juga mempunyai beragam jenis kertas untuk pembuatan karton boks yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Berikut jenis kertas yang umumnya dipakai untuk pembuatan karton box:

  1. Kertas kraft liner

Kertas kraft umumnya dipakai untuk bagian luar box. Jenis kertas ini mempunyai kekuatan lebih baik ketimbang kertas medium, karena bahan kertas kraft terbuat dari dasar kayu jenis pinus yang mempunyai serat panjang yang kemudian diolah menjadi bubur kertas (pulp). Kertas kraft digunakan sebagai alat ukur kemungkinan jebol dari karton box atau bisa juga disebut dengan bursting strength. Bahan kertas ini memiliki kelembaban yang kecil jika dibandingkan dengan kertas medium. Berat kertas ini sendiri digunakan untuk kekuatan daya tumpuk barang yang akan dikemas dalam karton boks.

  1. Kertas test liner

Kertas ini biasa dikenal dengan kertas daur ulang. Yang memiliki warna abu-abu terang yang terbuat dari sisa limbah kertas dan mempunyai bursting strength di bawah kertas kraft, karena lebih dominan dengan bahan kertas daur ulang.

  1. Kertas white kraft

Jenis kertas kraft ini sama dengan jenis kertas kraft lainnya, hanya saja yang membedakannya adalah warnanya. Kertas white kraft ini memiliki warna putih.

  1. Kertas medium

Jenis bahan kertas ini biasanya digunakan sebagai bagian dalam box. Kertas jenis ini mempunyai kualitas paling buruk diantara jenis kertas yang lainnya. Fungsi kertas medium adalah sebagai kelenturan dalam box atau kekuatan box saat ditumpuk. Atau bisa juga digunakan untuk pembungkus produk yang tidak memerlukan kemasan.

Karton box yang digunakan untuk pembungkus atau pengemasan memiliki jenis bentuk yang berbeda-beda. Jenis bentuk karton box ini disesuaikan dengan keperluannya. Berikut adalah jenis bentuk dari karton boks, sebagai berikut :

  1. Normal atau standard
Baca juga:  Memahami Corrugated Karton Box

Bentuk box ini sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Memiliki bentuk yang sederhana yaitu dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Tutup atas dan bawah saling bertemu jika dilipat. Karton box ini biasanya digunakan sebagai pembungkus untuk produk makanan, minuman, dan lain sebagainya.

  1. Overlap

Box ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan jenis box bentuk standard yang membedakan box overlap dengan box standard  terletak pada tutupnya, tutup bagian atas dan bawah dibuat tumpang tindih saat ditutup. Box ini biasa digunakan untuk pengemasan produk plastik, garmen, dan sejenisnya.

  1. Top – Bottom

Bentuk box ini menjadi satu kesatuan. Mempunyai bagian box yang dibagi menjadi bagian atas top) dan bagian bawah (bottom). Box ini memiliki bagian atas tepat melengkapi  bagian bawah sehingga menutupi box ini dengan rapat.

  1. Die – Cut

Box ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan bentuk standard. Yang membedakannya adalah bentuk box die – cut terdapat lubang ventilasi atau lubang pegangan di sisnya. Box tipe ini biasanya digunakan untuk mengemas produk makanan, minuman, atau arsip dokumen, dan lain sebagainya.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Leave a Reply