Beragam Jenis Kertas Dengan Kegunaanya

Beragam Jenis Kertas Dengan Kegunaanya

Setiap orang pasti tahu apa itu kertas. Ya, karena kertas sendiri adalah hal yang paling penting bagi kehidupan manusia. Banyak sekali manfaat atau kegunaan dari kertas, seperti dijadikan media kemasan, digunakan untuk mencatat, serta dijadikan struk pembayaran, dan masih banyak lagi manfaat kertas lainnya.

Mungkin dari anda sudah tau bahwa banyak sekali beragam jenis kertas dengan kegunaannya masing-masing. Dari beragam jenis kertas pasti ada yang membedakan kertas satu dengan kertas lainnya yang dapat diketahui dengan ciri masing-masing kertas.

Disini kita akan membahas beragam jenis kertas dengan kegunaannya, yang meliputi:

  1. Kertas HVS

HVS sendiri adalah kertas yang terbuat dari bubur kertas (pulp). Dan tidak mengandung perekat serat pohon sehingga kertas tidak mudah berubah warna menjadi kekuningan. Kertas ini memiliki permukaan yang agak kasar karena tidak dilapisi, berwarna putih, dan tipis namun memiliki daya serap yang besar. HVS mempunyai ketebalan dari 60gr – 100gr. Kertas ini umumnya digunakan orang-orang perkantoran, mahasiswa, dan siswa untuk laporan kerja, makalah, tugas sekolah, dan lain sebagainya.

  1. Art paper

Art paper memiliki permukaan yang halus, licin, dan mengkilap. Kertas ini tidak cocok digunakan untuk media tulis, karena permukaannya yang licin sehingga untuk menyerap tinta lebih lambat dan tinta dari bulpoin akan susah mengering. Art paper memiliki ketebalan yaitu 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, 150 gr. Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk mencetak brosur, poster, bagian isi majalah, dan lain-lain. Kertas ini memiliki kesan lux karena adanya tambahan laminasi glossy maupun dov. Kertas ini memiliki banyak varian warna.

  1. Kertas buffalo

Kertas buffalo memiliki permukaan halus dan mempunyai tekstur seperti guratan pada kayu namun halus. Kertas ini cukup tebal dengan ketebalan 220gr dan 250gr sehingga cocok digunakan sebagai cover jilid, kartu iuran, dan map. Buffalo juga memiliki banyak varian warna.

  1. Art Carton
Baca juga:  Mengenal Karakteristik Kertas Kraft

Art carton memiliki permukaan halus, mengkilap, licin, serta tebal. Art carton hampir mirip dengan art paper yang membedakan hanya ketebalannya saja. Ketebalan kertas ini yaitu 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, dan 310gr. Kertas jenis ini biasa dipakai untuk cetak kartu nama, cover buku atau majalah, box kemasan obat, dan masih banyak lagi.

  1. NCR paper

NCR kepanjangan dari  Non Carbon Required. Memiliki ciri-ciri permukaan halus, tipis, serta mempunyai partikel karbon. Pada umumnya kertas NCR digunakan untuk bukti transaksi, kwintansi, atau pembuatan nota. Kertas ini mudah untuk ditulis dan dapat menyalin pada lembar kedua karena adanya partikel karbon.

  1. Kertas concorde

Concorde adalah kertas yang biasanya dipakai untuk pembuatan sertifikat atau piagam. Permukaan kertas ini timbul seperti membentuk garis serta bertekstur kasar namun sedikit halus. Kertas ini terdiri berbagai varian warna yang soft. Kertas ini memiliki ketebalan 160gr, 220gr, dan 250gr.

  1. Jasmine paper

Kertas ini bertekstur halus, licin, dan mengkilap, serta memiliki butiran gliter pada permukaan kertas. Kertas ini digunakan untuk mencetak undangan atau kartu ucapan. Dan memiliki banyak varian warna. Jasmin paper menimbulkan kesan yang jauh berbeda yaitu eksklusif dan murahan jika dilihat secara keseluruhan.

  1. Kertas Ivory

Jenis kertas ini hampir sama dengan art carton. Yang membedakan hanya pada sisinya, art carton memiliki kedua sisi yang licin sedangkan ivory hanya  satu sisi yang licin. Memiliki ketebalan yang dapat digunakan yaitu 210gr, 230gr, 250gr, 310gr, dan 400 gr. Karena ketebalannya biasanya kertas ivory digunakan untuk kemasan box atau paperbag.

  1. Kertas duplex

Duplex ini memiliki dua warna yang berbeda yaitu warna putih dan warna abu-abu di setiap bagian sisinya. Kertas duplex ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan kemasan box karena harganya yang lebih murah dibandingkan bahan lainnya. Gramasi yang pada umumnya dipakai adalah 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, dan  400gr.

  1. Corrugated paper
Baca juga:  Kegunaan Karton Duplex

Corrugated adalah jenis kertas karton yang bagian dalamnya memiliki permukaan bergelombang. Bahan kertas karton ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan kardus tapi dengan ketebalan yang lebih tipis. Corrugated paper biasanya digunakan sebagai bahan dasar kemasan box dan alat pembungkus karena memiliki bantalan yang dapat melindungi produk dari benturan.

  1. Kertas asturo

Jenis kertas ini biasanya digunakan sebagai bahan kerajinan tangan atau sebagai pengganti kertas origami. Kertas ini memiliki 2 warna sisi yang berbeda, satu sisi berwarna putih, dan sisi lainnya memiliki varian warna. Selain itu asturo juga digunakan sebagai pembuatan sampul yang memakai lapisan poli agar menghasilkan warna yang mengkilap

  1. Kertas Samson

Kertas jenis ini merupakan kertas dari hasil olahan daur ulang. Sering digunakan untuk pembungkus atau packaging dan mencetak paper bag. Memiliki gramasi 150gr dan 220gr.

  1. Kertas linen

Memiliki permukaan halus, licin, serta mempunyai tekstur kain pada permukaan depan. Kertas ini kerap kali dipakai untuk sampul pada buku. Dan memiliki ketebalan 220gr – 250gr.

Setelah mengetahui beragam jenis kertas di atas, semoga dapat membantu dalam memilih kertas yang sesuai dengan kebutuhan anda.