5 Tips Kemasan Makanan yang Menarik

5 Tips Kemasan Makanan yang Menarik

5 Tips Kemasan Makanan yang Menarik

Di dalam dunia usaha, tidak dapat dipungkiri bila terjadi persaingan antar pengusaha. Sehingga hal ini memaksa para pendiri usaha untuk berpikir keras dalam menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang rasional. Maka dari itu produsen tidak hanya berpacu dalam produknya saja, namun produsen juga harus memikirkan bagaimana cara menarik konsumen.

Menarik konsumen juga merupakan hal yang penting, karena keberhasilan suatu produk dilihat dari banyaknya produk yang  laku dipasaran. Hal itu pula yang membuat produsen berbondong-bondong mencari ide dalam menarik minat konsumen dengan membuat produk yang bisa membuat mereka ingin membelinya.

Contohnya, produk makaroni dan spaghetti yang kemasannya di didesain dengan gambar wanita dengan bagian rambut yang dibuat transparan, sehingga pembeli dapat melihat isi produk didalamnya. Bentuk rambutnya juga disesuikan dengan isi produk masing-masing.

Pembeli akan tertarik dengan produk makanan itu hanya karena melihat kemasan produk makanan tersebut yang terlihat bagus dan unik, hal itu saja dapat menimbulkan ketertarikan tersendiri bagi konsumen sehingga mereka ingin membeli produk tersebut.

Mungkin rasa pada produk lebih penting. Tapi jika dibandingkan, produk dengan kemasan makanan yang bagus dan unik lebih menarik minat konsumen, ketimbang produk yang menggunakan kemasan seadanya.

Karena kemasan pada produk adalah hal pertama yang biasanya dilihat para konsumen . Maka dari itu untuk menarik konsumen adalah dengan membuat kemasan produk agar terlihat bagus dan menarik.

Kemasan bagus dan menarik tidak perlu mahal, hanya perlu kreatifitas untuk membuat kemasan produk dengan tampilan berbeda dari yang lain.

Berikut tips mebuat kemasan makanan yang menarik

Tidak harus banyak gambar, maksudnya desain gambar pada kemasan tidak perlu banyak cukup beri gambar secukupnya yang sesuai dengan produk anda.

  • Tidak harus banyak gambar, maksudnya desain gambar pada kemasan tidak perlu banyak cukup beri gambar secukupnya yang sesuai dengan produk anda.
Baca juga:  Prosedur Pembuatan Kardus

  • Warna kemasan produk makanan. Untuk itu perlu dipahami apa arti warna pada kemasan. Misalnya memberikan warna hijau pada kemasan yang identik dengan makanan menyehatkan dan kesegaran

  • Kemasan produk harus memiliki ciri khas tersendiri agar dapat diingat oleh pembeli, maka dari itu desain kemasan sebagus dan seunik mungkin, misalkan bungkus permen ini didesain dengan ekspresi wajah manusia

  • Gunakan kemasan yang tepat untuk produk makanan, misalnya untuk produk makanan keripik bisa menggunakan kemasan berbahan aluminium foil

  • Pastikan biaya pembuatan kemasan tidak terlalu besar dengan biaya produksi, jadi biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kemasan tidak boleh melebihi biaya produksi untuk produk

Tapi sebelum membuat kemasan ada baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu, tidak hanya pangsa pasar saja yang perlu diriset, membuat kemasan juga perlu, karena untuk menghindari kesalahan yang mengarah ke plagiat dalam hal kemasan.

Jadi mulai sekarang anda bisa membuat kemasan untuk produk anda agar menarik minat konsumen dengan membuat kemasan dengan lebih baik lagi dan tentunya memiliki ciri khas tersendiri.

Itulah sedikit tips dari kami yang mungkin berguna bagi anda yang sedang mencari ide kemasan untuk produk anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply